Thursday, May 26, 2011

10 haiwan migrasi yang unik

Sejumlah binatang melakukan migrasi mengagumkan dan cukup misteri dalam mencari sumber makanan, pasangan hidup, dan tempat terbaik untuk kehidupan.

Dari kesemuanya,ada binatang yang berekspedisi hanya berjarak beberapa inci dari rumahnya dan terdapat pula yang menempuh jarak ribuan kilometer. Berikut adalah senarai sepuluh haiwan migrasi versi Livescience.

1. Tonggeret

Setelah menghabiskan 17 tahun di dalam tanah, serangga bersuara nyaring, tonggeret akan bermigrasi menuju dunia luar untuk berkumpul bersama, bernyanyi, dan mencari pasangan.

Penampilannya yang sinkron, efektif menjauhkan tonggeret dari pemangsa selama lima minggu kehidupan dewasanya. Jarak migrasi tonggeret bergerak, mulai dari beberapa inci hingga ribuan kilometer.

2. Lemming
Haiwan mirip hamster dan tikus ini akan melakukan migrasi dengan kelajuan tinggi dari habitat asalnya, Kutub Utara. Pengkaji mengatakan penyebab migrasi besar-besaran ini terjadi kerana populasi lemming membiak tanpa diiringi oleh persediaan pangan yang cukup. Lemming dapat bergerak sejauh 16 kilometer dalam satu hari.

3. Wildebeests

Haiwan herbivor ini akan melakukan apa saja demi menemui padang rumput yang lebih hijau. Serengeti wildebeest beserta zebra dan rusa mampu bermigrasi ratusan kilometer dalam satu kumpulan untuk menghindari musim kering di Tanzania dan Kenya.

4. Kura-kura Hijau

Sentuhan keibuan seekor kura-kura hijau memaksanya kembali ke tempat kelahiran untuk memulai kehidupan dengan keluarganya.

Kura-kura hijau yang sedang sarat untuk bertelur dapat berenang ribuan kilometer dari tempat berkembangbiak di Brazil menuju lautan Atlantik Selatan ke pulau Ascension.

5. Salmon

Setelah menghabiskan bertahun-tahun di lautan, ikan salmon akan kembali ke tempat penetasannya di wilayah sungai air tawar untuk berkembang biak dan mati.

Demi mencapai tujuan, ikan ini rela berenang melawan arus deras sejauh ratusan kilometer, walaupun itu bererti tiba dalam keadaan menyedihkan.

6. Hummingbird berleher rubi

Sebelum terbang sejauh 804 kilometer menuju Amerika Tengah, burung hummingbird berleher rubi akan hinggap di bunga, memakan serangga, dan menghisap getah pokok.

Burung yang mempunyai kepak yang cepat ini akan menyimpan dua gram lemak, hampir dua kali berat tubuhnya untuk melakukan perjalanan tanpa henti dari Amerika Utara melintasi teluk Mexico.

7. Kupu-kupu Monarch

Migrasi jarak jauh adalah ciri khas bagi kupu-kupu Monarch. Setiap pertengahan musim , ribuan kupu-kupu bersayap lebar ini terbang ke barat menuju California dan Mexico.

Sedangkan pada musim panas, kupu-kupu Monarch berekspedisi sejauh 4828 kilometer melalui AS dan Kanada. Hingga kini, kemampuan kupu-kupu Monarch dalam bermigrasi masih menjadi misteri bagi para pengkaji.

8. Bangau Whooping

Burung berkaki panjang ini terancam kepupusan. Para pengkaji telah melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan spesies ini, termasuk memandu arah terbang.

Dengan menggunakan mesin ultraringan menyerupai bangau dengan pengendali jarak jauh, bangau whooping diarah menuju ke daerah perlindungan di selatan.

9. Belut air tawar

Belut ini sudah bersedia sejak menetas untuk menghadapi kerasnya kehidupan di air. Setelah menetas di laut Sargasso, belut ini berenang menuju ke kawasan sungai berair tawar di England dan di pesisir timur Amerika Utara.

Dalam perjalanan, ginjal belut akan beradaptasi terhadap tingkat salinitasi air. Pada masa tiba waktu untuk bertelur, ginjal belut air tawar akan kembali ke kondisi semula.

10.
Humpback Whale


Humpback Whale atau paus punggung bungkuk mempertahankan rekod sebagai haiwan yang bermigrasi dalam jarak terjauh di dunia. Beberapa kawanan paus dengan berat 36.000 kilogram menghabiskan waktunya menyimpan bertan-tan makanan di semenanjung artik.

Pada musim dingin, paus ini akan berenang sejauh 8046 kilometer menuju tempat berkembang biak di dekat Colombia dan di wilayah garis ekuator.

Semuana

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...